Pada postingan kali ini saya mau melanjutkan perbincangan kita yang sebelumnya, dimana saya menyinggung permasalahan tentang Total Quality Management atau Manajemen Mutu. Sebenernya itu tuh apa sih? Nama makanan? Minuman? Tempat Wisata atau apa? Bukan, semuanya salah. Total Quality Management adalah sebuah sistem manajemen yang mengangkat kualitas sebagai strategi menuju pencapaian keunggulan bersaing yang berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota organisasi.
Prinsip dasar Total Quality Management atau TQM :
1. Kesediaan manajemen dalam melibatkan seluruh pendukung organisasi
2. Fokus pada pelanggan internal dan eksternal
3. Menggunakan dan melibatkan secara efektif seluruh kekuatan organisasi
4. Perbaikan secara terus menerus atas bisnis dan proses produksi
5. Menerapkan keberhasilan kinerja proses
Terus apa manfaat dari Total Quality Management buat perusahaan ataupun buat customer? Ada beberapa manfaat penerapan TQM bagi perusahaan dan customer :
A. Perusahaan
1. Terdapat perubahan kualitas produk dan pelayanan
Seperti dengan arti singkatan dari TQM sendiri yang berarti Manajemen Mutu, tentunya sebuah perusahaan akan lebih memperhatikan kualitas produk yang dihasilkan dan pelayanan yang akan diberikan terhadap customer. Bagi sebuah perusahaan yang menerapkan TQM akan merasa bahwa service excellent akan sanga dibutuhkan bagi perusahaan agar kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan tersebut dapat meningkat.
2. Staf lebih termotivasi
Perusahaan yang menerapkan TQM tentunya akan memberikan sebuah kenyamanan bagi staf yang bernaung didalamnya karena sistem TQM begitu memperhatikan mutu kerja yang ciamik bagi keberlangsungan kehidupan didalam perusahaan.
3. Produktifitas meningkat
Staf yang termotivasi tentunya akan berdampak pada hasil produksi perusahaan tersebut. Meningkat dan omzet yang dihasilkan bergitu memuaskan karena staf yang bekerja begitu nyaman dan merasa dihargai.
4. Biaya turun
Beberapa kebijakan efisiensi biaya produksi perusahaan juga tidak lagi menjadi hal yang tabu bagi sebuah perusahaan yang menerapkan TQM. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan produksi yang begitu melambung dan pemasukan yang juga melambung menyebabkan cash and flow keuangan menjadi tidak tergoncang secara signifikan
5. Produk cacat berkurang
Fokus staf yang merasa nyaman tadi membuat kemungkinan produksi gagal semakin kecil atau bahkan nihil sama sekali. Tentu ini kabar bagus bukan?
B. Customer
1. Pelanggan merasa diperhatikan
2. Kepuasan pelanggan terpenuhi
Sekian dulu postingan saya kali ini, nanti dilanjut lagi. Mudah-mudahan bermanfaat
Regards,


0 komentar:
Posting Komentar
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. ^,^
Terima Kasih Atas Kunjungannya di Blog Ini, Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya