Hey Sobat MotiFunny, pada artikel kali
ini saya ingin mulai mengisi rubrik LECTURES ini dengan sebuah materi tentang
sub bab dari Total Quality Manajemen (Manajemen Mutu). Dalam Total Quality
Manajemen, tentunya harus memperhatikan yang namanya Mutu. nah dalam mutu itu
sendiri ada beberapa pengertian yang berhasil saya himpun
- Mutu adalah kecocokan penggunaan produk (fitness for use) untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan (Juran)
- Mutu adalah conformance to requirement, yaitu sesuai dengan yg disyaratkan/distandarkan. Standar mutu meliputi bahan baku, proses, produk jadi (Crosby)
- Mutu adalah kesesuaian dengan kebutuhan pasar/konsumen (Deming)
- Mutu adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya (full customer satisfaction). Suatu produk bermutu apabila dapat memberi kepuasan sepenuhnya kepada konsumen (Feigenbaum)
- Mutu adalah suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, manusia, proses dan tugas serta lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan pelanggan
- Meskipun tidak ada definisi mengenai mutu yang diterima secara universal, namun dari kelima definisi di atas terdapat beberapa persamaan, yaitu dalam elemen-elemen sebagai berikut:
- Mutu mencakup usaha memenuhi atau melebihi harapan pelanggan
- Mutu mencakup produk, tenaga kerja, proses dan lingkungan
- Mutu merupakan kondisi yang selalu berubah
Pentingnya Mutu
- Mutu merupakan salah satu kebijaksanaan penting dalam meningkatkan daya saing produk yang harus memberi kepuasan melebihi atau paling tidak sama dengan produk pesaing
- Mutu produk merupakan salah satu unsur utama dalam bauran pemasaran yang dapat meningkatkan volume penjualan dan memperluas pangsa pasar
- Dalam era global, persaingan menjadi makin tajam. Hanya perusahaan yang dapat menghasilkan kualitas barang atau jasa yang sesuai dengan tuntutan pelanggan yang dapat memenangkan persaingan
Dimensi Mutu
- Performa (Performance) berkaitan dengan aspek fungsional dari produk dan merupakan karakteristik utama yang dipertimbangkan pelanggan ketika ingin membeli suatu produk.
- Features, merupakan aspek kedua dari performansi yang menambah fungsi dasar, berkaitan dengan pilihan dan pengembanganya.
- Kehandalan (reliability), berkaitan dengan kemungkinan suatu produk berfungsi secara berhasil dalam periode waktu tertentu di bawah kondisi tertentu.
- Konformansi (conformance), berkaitan dengan tingkat kesesuaian produk terhadap spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya berdasarkan keinginan pelanggan.
- Daya tahan (durability), merupakan ukuran masa pakai suatu produk. Karakteristik ini berkaitan dengan daya tahan dari produk itu.
- Kemampuan pelayanan (Service ability), merupakan karakteristik yang berkaitan dengan kecepatan/kesopanan, kompetensi, kemudahan serta akurasi dalam perbaikan.
- Estetika (aesthetics), merupakan karakteristik mengenai keindahan yang bersifat subjektif sehingga berkaitan dengan pertimbangan pribadi dan refleksi dari preferensi atau pilihan individual.
- Kualitas yang dipersepsikan (perceived quality), bersifat subyektif, berkaitan dengan perasaan pelanggan dalam mengonsumsi produk, seperti meningkatkan harga diri.
Permasalahan Mutu
Faktor-faktor berikut ini merupakan contoh penyebab masalah
mutu :
- Bahan baku tidak sesuai / sempurna.
- Mesin dan alat produksi lain tidak digunakan secara tepat.
- Desain tidak sesuai harapan pelanggan.
- Inspeksi dan pengujian tidak tepat.
- Tempat penyimpanan barang dan pengemasan tidak memadai.
- Waktu pengiriman tidak tepat.
- Sistem penandaan tidak jelas.
- Tenaga ahli/terlatih yang dapat menganalis penyimpangan kurang.
- Kesadaran akan mutu rendah.
- Komunikasi tidak lancar.
- Bimbingan dan aturan kerja yang tidak jelas.
Sekian dulu, semoga bermanfaat.
Regards,


0 komentar:
Posting Komentar
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. ^,^
Terima Kasih Atas Kunjungannya di Blog Ini, Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya