Tentang Mutu dalam Manajemen Mutu | MotiFunny
Pasang Iklan
Desaigned by MotiFunny

Sabtu, 29 Desember 2012



Hey Sobat MotiFunny, pada artikel kali ini saya ingin mulai mengisi rubrik LECTURES ini dengan sebuah materi tentang sub bab dari Total Quality Manajemen (Manajemen Mutu). Dalam Total Quality Manajemen, tentunya harus memperhatikan yang namanya Mutu. nah dalam mutu itu sendiri ada beberapa pengertian yang berhasil saya himpun
  1. Mutu adalah kecocokan penggunaan produk (fitness for use) untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan (Juran)
  2. Mutu adalah conformance to requirement, yaitu sesuai dengan yg disyaratkan/distandarkan. Standar mutu meliputi bahan baku, proses, produk jadi (Crosby)
  3. Mutu adalah kesesuaian dengan kebutuhan pasar/konsumen (Deming)
  4. Mutu adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya (full customer satisfaction). Suatu produk bermutu apabila dapat memberi kepuasan sepenuhnya kepada konsumen (Feigenbaum)
  5. Mutu adalah suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, manusia, proses dan tugas serta lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan pelanggan
  6. Meskipun tidak ada definisi mengenai mutu yang diterima secara universal, namun dari kelima definisi di atas terdapat beberapa persamaan, yaitu dalam elemen-elemen sebagai berikut:


  • Mutu mencakup usaha memenuhi atau melebihi harapan pelanggan
  • Mutu mencakup produk, tenaga kerja, proses dan lingkungan
  • Mutu merupakan kondisi yang selalu berubah
 Pentingnya Mutu
  1. Mutu merupakan salah satu kebijaksanaan penting dalam meningkatkan daya saing produk yang harus memberi kepuasan melebihi  atau paling tidak sama dengan produk pesaing
  2. Mutu produk merupakan salah satu unsur utama dalam bauran pemasaran yang dapat meningkatkan volume penjualan dan memperluas pangsa pasar
  3. Dalam era global, persaingan menjadi makin tajam. Hanya perusahaan yang dapat menghasilkan kualitas barang atau jasa yang sesuai dengan tuntutan pelanggan yang dapat memenangkan persaingan
  
Dimensi Mutu
  1. Performa (Performance) berkaitan dengan aspek fungsional dari produk dan merupakan karakteristik utama yang dipertimbangkan pelanggan ketika ingin membeli suatu produk. 
  2. Features, merupakan aspek kedua dari performansi yang menambah fungsi dasar, berkaitan dengan pilihan dan pengembanganya. 
  3. Kehandalan (reliability), berkaitan dengan kemungkinan suatu produk berfungsi secara berhasil dalam periode waktu tertentu di bawah kondisi tertentu.
  4. Konformansi (conformance), berkaitan dengan tingkat kesesuaian produk terhadap spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya berdasarkan keinginan pelanggan. 
  5. Daya tahan (durability), merupakan ukuran masa pakai suatu produk. Karakteristik ini berkaitan dengan daya tahan dari produk itu. 
  6. Kemampuan pelayanan (Service ability), merupakan karakteristik yang berkaitan dengan kecepatan/kesopanan, kompetensi, kemudahan serta akurasi dalam perbaikan.
  7. Estetika (aesthetics), merupakan karakteristik mengenai keindahan yang bersifat subjektif sehingga berkaitan dengan pertimbangan pribadi dan refleksi dari preferensi atau pilihan individual. 
  8. Kualitas yang dipersepsikan (perceived quality), bersifat subyektif, berkaitan dengan perasaan pelanggan dalam mengonsumsi produk, seperti meningkatkan harga diri.



Permasalahan Mutu
Faktor-faktor berikut ini merupakan contoh penyebab masalah mutu :
  1. Bahan baku tidak sesuai / sempurna.
  2. Mesin dan alat produksi lain tidak digunakan secara tepat.
  3. Desain tidak sesuai harapan pelanggan.
  4. Inspeksi dan pengujian tidak tepat.
  5. Tempat penyimpanan barang dan pengemasan tidak memadai.
  6. Waktu pengiriman tidak tepat.
  7. Sistem penandaan tidak jelas.
  8. Tenaga ahli/terlatih yang dapat menganalis penyimpangan kurang.
  9. Kesadaran akan mutu rendah.
  10. Komunikasi tidak lancar.
  11. Bimbingan dan aturan kerja yang tidak jelas.
  Sekian dulu, semoga bermanfaat.
  Regards,


Ditulis Oleh : Unknown Copyright MotiFunny

Artikel Tentang Mutu dalam Manajemen Mutu ini diposting oleh Unknown pada hari Sabtu, 29 Desember 2012. Terima kasih atas kunjungan teman-teman di Blog MotiFunny ini. Semoga artikel ini memiliki kebermanfaatan bagi sesama. Kritik dan saran bisa teman-teman haturkan melalui kotak komentar yang telah disediakan. Terima Kasih. Salam Blogger dari MotiFunny.

:: Get this widget ! ::


Daripada Copy-Paste, Mending DOWNLOAD disini
  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

0 komentar:

Posting Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. ^,^
Terima Kasih Atas Kunjungannya di Blog Ini, Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya

animasi bergerak gif
 
motif-funny.blogspot.com © 2012 All Right Reserved | Privacy Policy | About Us
Home | Daftar Isi | Motivasi | Torasi | Renungan | Firasi | Rebuk | Petik | Lectures
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Segera Kembali Lagi Bila Ingin Mendapatkan Info Menarik Lainnya