Bob Alexander Kuncoro | MotiFunny
Pasang Iklan
Desaigned by MotiFunny

Rabu, 23 Januari 2013

ATLET KAMPUS SEJATI

“The real runner is when he run
with START and closing with FINISH, 
although he was seriously injured…”
- Writter -


Pada cerita kali ini, gue minta keseriusan dari loe semua, karena kali ini gue mau kasih tau tentang yang namanya ‘sejati’. Gue harus ngingetin kalian gitu karena kalo kita bicara soal sejati, artinya kita bakal ngomongin tentang arti yang sesungguhnya. Tempo hari gue iseng – iseng buka buku Kamus Besar Bahasa Indonesia yang tebelnya udah kayak kitab sutasoma dua tumpuk ( ya walaupun gue nggak pernah liat tuh kitab, tapi waktu belajar sejarah dulu disekolah, kata guru gue kitabnya tebel banget ), sejati itu artinya sebenernya. Jadi kalo ada pasangan ababil yang suka bilang,”Gue udah menemukan cinta sejati gue, itu loe yank.” Itu berarti dia lagi bicarain cinta sebenernya buat dia, cinta impian dia. Cinta yang nggak mengenal batasan. Begitupun istilah sahabat sejati, sama juga artinya, cuma diganti aja kata “cinta” nya. Mudah – mudahan loe semua pada bingung sama penjelasan gue tentang arti sejati ini, jadi biar besok – besok gue jadi nerbitin buku khusus yang ngebahas tentang kata “sejati” ini, heheheheh. 

Biar nggak bingung, langsung aja kita ke Tee…Kaaa…Peeee!!!

Ngomongin soal sejati, gue punya temen yang dari dulu udah terkenal ke-sejati-annya sama bidang yang digelutinnya, yaitu lari. Sepele sih, cuma kan terkadang hikmah terbesar itu justru hadir didalam hal – hal yang kita anggap sepele itu, ya walaupun masih banyak orang yang belum bisa menyadari akan hal itu. Mereka lebih banyak menyepelekan hal – hal kecil itu yang justru sebenarnya dari sanalah mereka menjadi orang besar.

Jadi gini, dari dulu gue udah berteman dengan seseorang. Gue dan dia udah kayak buah zakar, kemana – mana berduaan mulu. Dia buah zakar sebelah kanan dan gue yang sebelah kiri. Gue udah apal banget gimana dia dan sebaliknya, dia juga udah tau dan paham busuk – busuknya gue. Kita berdua memang sepertinya sudah ditakdirkan untuk selalu bersama dan saling memahami satu sama lain ( apasih ini #Plaaaaaaaakkk *nimpuk kepala sendiri pake batu koral segede kepala banteng ).

Bicara soal lari ini, emang udah dari pertama kali gue kenal dia, dia udah seneng banget sama yang namanya lari. Pagi lari, siang lari, sore lari, ke kampus lari, ngapelin cewek lari, ketemu dosen skripsi lari, nyelesain skripsi juga sambil lari. Gue sampe bingung, ini orang apa cheetah, semuanya pake lari. Sejak awal gue emang udah nggak heran kalo dia suka sama lari, mengingat betisnya udah kayak pukulan beduk, tinggal ditambah urat – urat aja. Anjing dilempar betis dia juga bakal langsung mati. Kalo manusia paling ya koma dikit lah. 

Udah dari kecil juga dia sering ikut – ikutan lomba lari, mulai dari tingkat RT, RW, kelurahan, Kota, Provinsi sampai tingkat nasional dan hampir semuanya berakhir pada kemenangan. Pokoknya kalau ada yang nanya siapa atlet juara lari terkenal sealam jagat raya dunia dan akhirat, pasti serempak pada jawab namanya.  

Sampai suatu ketika ada sebuah peristiwa yang menurut gue sangat luar biasa yang bikin dia pantes banget buat ngemban julukan “Si Atlet Sejati” kampus itu.

Kenalan dulu deh, nama temen gue yang satu ini adalah Bob, nama lengkapnya Bob Alexander, lebih lengkapnya lagi Bob Alexander Kuncoro biasa dipanggil Jangkung. Gak nyambung sih dari namanya, tapi panggilan itu muncul karena badan dia memang tinggi besar, hitam pekat kayak oli bekas tapi nggak ngondek. Giginya putih banget, sampai – sampai kalo doi nyengir di kegelapan, yang terlihat cuma gigi dan panu – panu yang menjalar di sekujur tubuh dan mukanya aja. Gue curiga, jangan – jangan kalo dulu nyokapnya ngidam dikejar cheetah Afrika sebelum brojolin dia. Dan hasilnya begini deh, kombinasi cheetah Afrika – Glodok bagian timur. Selain tinggi, doi juga punya badan keker, sixpeck juga. Waktu kapan gue iseng – iseng nanya tentang rahasia dia punya badan kayak gitu. Rahasianya adalah, kurangin makan nasi uduk plus telor balado dengan kerupuk udang ( sejak kapan dia tau makanan kesukaan gue? )

Sedikit berbicara soal sixpeck, sebenernya gue iri sama dia yang punya badan yang gue sendiri ngeliatnya merinding gokil tujuh turunan. Untuk pria yang seumuran gue dan dia, punya badan keren itu udah wajib hukumnya. Apalagi kalo buat persiapan masa depan, alias biar nyari jodoh nggak susah (maklum, pertimbangan chasing jadi pilihan utama, heheheheh ). 

Sementara setiap kali gue ngaca, pasti ada beberapa detik buat ngeliat bagian perut. Dan di dunia ini yang paling menakutkan adalah ngeliat perut gue, udah kayak ngeliat baskom kebalik yang disimpen dibalik baju. Serem deh pokoknya. Makanya akhir – akhir ini gue mulai mengurangi mengaca, meminimalisir kemungkinan diri gue buat pingsan.

Sebenarnya gue udah melakukan berbagai macem cara buat bisa bikin badan gue cetak enam kayak gitu, mulai dari shit-up 3 kali, push-up 4 kali dan back-up 5 kali, tapi nggak jadi – jadi, gue galau sampai sekarang. Gue juga udah mulai ngurangin porsi nasi uduk plus telor balado dengan kerupuk udangnya, tapi tetep aja nih baskom masih ada diperut gue. Pas gue tanya ke Bob kok gue nggak berhasil dengan cara itu, doi malah jawab,”TERUS SALAH GUEH, SALAH KELUARGA GUEH, SALAH TEMEN – TEMEN GUEH???!!! HAAAHHH??” ( kenapa jadi galakkan dia ).

Sampai suatu ketika gue pernah nonton tipi dan kebetulan banget bintang tamunya itu Kaka Rai, seorang binaragawan yang udah terkenal dunia akhirat. Wiiihh, kabar gembira nih buat gue karena gue yakin host-nya pasti bakalan nanya rahasia Kaka Rai punya badan kayak gitu. Alhasil, gue tongkrongin deh tuh acara sampai pada akhirnya, host acara nanya yang daritadi udah gue tebak bakal keluar.

“Bang Kaka, sebenernya apa sih rahasia punya badan kayak gitu? Bagi – bagi dong.” Sambil cengengesan host acara nanya begitu. Nggak lupa sebelum nonton, gue udah nyiapin buku catetan kecil. Tapi waktu itu gue lebih terlihat seperti lagi nonton acara masak – masak ketimbang kebugaran tubuh.

“Sebenernya rahasianya cuma hidup sehat aja, makan – makanan yang 4 sehat 5 sempurna sama rajin olahraga.” Diiih, jawabannya klasik banget. Itu mah nenek – nenek salto sambil shuffeling juga tahu. Gue gak terima dengan jawaban loe Bang, sumpah.

“Tapi Bang Kaka, yang lebih spesifik dong. Temen – temen yang distudio dan yang dirumah juga pengen tahu nih.” Host acara nanya lagi. Nah, gitu dong Mas Host, kali ini gue sepakat sama loe. You know me so well banget sih.

Akhirnya Bang Kaka ngasih jawabannya dan loe tau apa jawabannya? Gue yakin setelah gue bilang ini, harga telur dipasaran melonjak naik beratus – ratus persen. Inflasi di Negara kita akan semakin meningkat dan seluruh masyarakat berlomba – lomba menjadi seorang pengusaha telur dan segera memutuskan untuk berternak ayam besar – besaran. 

Gimana nggak, dengan santainya Bang Kaka bilang kalo rahasianya adalah makan telur sehari 21 butir, dada ayam satu porsi tiap sekali sehari, banyakin sayur, shitup, pushup, dan backup rata – rata 20x pagi dan sore.

Wah, ini nggak bener, merusak moral bangsa, merusak harga telur dipasaran dan merusak hak asasi ke-ayam-an. Gue yakin seribu persen kalo seandainya ayam – ayam itu tahu tentang tips ini, mereka nggak bakal mau lagi bertelur, nutup pantatnya rapet – rapet. Ayam – ayam tadi akan langsung mengajukan kasasi menuntut hak asasi ayam dan ini akan menjadi headline news untuk satu minggu kedepan. 

Loe pikir nggak capek apa ngeluarin benda bulet dari ujung lubang bagian belakang 21 butir perhari. Udah gitu setelah keluar, 21 butirnya cuma abis dalam satu hari. Kan gila.

TERUSSSSS…GUEEE HARUS BILANGGG WOOOOWW, GITTUUUU???!!!!” Bang Kaka denger obrolan kita ternyata.

IYAAAA...LOEEE HARUSSSSTTTZZ BILANGGGG WOOOOW SAMBIL SALTO SERIBU KALI DAN GULING – GULINGAN DI JALAN TOL, SAKIT BEGO NELORIN 21 BUTIR SATU HARI!!!!!” Ayamnya ikutan marah. Ini bahaya, gue harus kabur.

HEEEEHH, JANGAN KABUR LOOEEE, ENAK AJA. LOE HARUS TANGGUNG JAWAB, BEGO, GENDUT…!!!!” Kerah baju gue ditarik Bang Kaka dan Ayam tadi. Ini makin bahaya.

Okeh, sekarang begini, gue tawarkan solusi. Gue nggak akan nge-publish soal tips ini dan gue pribadi nggak akan ngelakuin tips itu juga. Jadi nggak ada pihak yang dirugiin. Pihak Kaka Rai kagak rugi gue nggak jadi sixpect karena otomatis doi nggak punya pesaing dan pihak ayampun juga nggak rugi dan kesakitan ngeluarin telur sebitu banyak. 

Bagaimana kalau kita main itung – itungan juga, biar makin dapet bayangan. Seandainya satu hari beneran 21 butir, dan jumlah hari yang dibutuhkan buat ngebentuk badan jadi sixpeck adalah 3 bulan atau tarolah 90 hari. Jadi total telur yang harus keluar adalah 1890 butir telur, belum termasuk itungan kalo ayamnya lagi ngambek atau nggak mood brojol ( ambeyen – ambeyen dah tuh ayam ). Kemudian kalo kita umpamakan satu telur itu Rp 2.000 ( itu gue ambil harga telur di perumahan Pondok Indah ), 1890 x 2000 = 3.780.000 rupiah. Dan what you know? Itu udah sama kayak uang jajan gue buat 75 hari alias 2 bulan setengah. Okeh? Jadi tenang aja, karena gue nggak akan ngelakuin tips tadi, deal? Dan sekarang gue bisa lanjut cerita kan? ( Ayam dan Bang Rai ngangguk kepala, mereka legowo ). Good job, I like it.

Balik lagi ke Tee…Kaaa…Peeee!!!

Pada suatu ketika, dikampus gue ada sebuah kompetisi namanya Olimpiade Kampus, event kampus yang rutin diadain tiap tahun. Event ini terdiri berbagai macam lomba, mulai dari futsal, badminton, volley, dan terakhir ada lari jarak jauh. Tentu ini yang udah ditunggu – tunggu sama Bob dan doi yakin bisa menaklukkan kompetisi kampus ini.

“Cung ( itu panggilan Bob buat gue, Kacung. Ironis ), ada OK ( Olimpiade Kampus ) tuh. Bantu gue dong buat jadi manager gue. Gimana? Kalo nggak mau, gue pites.” Bob menunjukkan bogemnya yang mirip kayak pukulan gong ke gue. Dan kalau udah begini, gue sulit buat menolak.

“Loe tuh ye, selalu deh nunjukkin "itu loe" buat maksa gue.” Gue mulai putus asa melihat ketidakberdayaan gue karena harus berkali – kali mengalah sama si Bob.

“Yaelah, kayak baru kenal gue sehari dua hari deh, kaku kayak balok es.”

“Iyee, iye gue bantu. Mau lari jarak berapa meter?” Gue tanpa antusias.

“Yang paling jauh aja, biar sekalian.” Bob mamerin gigi putihnya, nyengir.

“Yaudah, ntar biar gue daftarin loe.” Gue menyampirkan tas buat ambil formulir lomba di sekret BEM.

“Ehem…” Gue pake #kode kalau di twitter.
Bob belum ada reaksi sedikitpun…

“Iyeee, loe pesen mie ayam yamin gih, bilang gue yang bayar.” Bob mengalungkan tangannya di bahu gue. Dia tau maksud gue tadi. hahahah sukses.

“Nah, gue suka yang satu ini.” Gue nyengir kegirangan sambil nempeleng kepala Bob.

“Emang dasar loe-nya aja. Kapan tuh baskom kabur dari situ, hah?” Bob mukul perut gue yang sedikit demi sedikit hampir offside.

“Udah deh, urusin dulu tuh betis bedug loe? Dicariin sama Bang Mamad tuh ( Bang Mamad, marbot masjid kampus ).”

“Udeh buruan daftarin gue, keburu tutup, Cung.” Bob nendang pelan pantat gue pake sepatu kets ala pelari internasionalnya.

Akhirnya gue meluncur ke ruang BEM secepat kilat. Apalagi kalau bukan buat ngambil formulir lomba Lari buat si Bob. Terus kenapa harus gue yang ngambil? Selain karena gue sahabatnya, salah satu persyaratan lomba ini adalah peserta harus punya manager buat tanggung jawab seluruh administrasi lomba. Kalau nggak ada syarat itu juga gue males.

“Permisi Bang Budi, gue mau minta form lomba lari sama form manager dong.” Gue ke Ketua BEM kampus yang pas banget lagi semedi di depan sekret.

“Eh loe Yan, butuh berapa?” Budi, dengan suara nada khas Ketua BEM, wibawa wibawa gimana gitu.

“Satu aja bang.” Gue sekenanya. 

“Sipp, sebentar, biar gue ambilin dulu.” Bang Budi masuk kedalem buat ngambil form.

Nggak berselang lama, Bang Budi masuk dan membawa dua lembar kertas, masing – masing form peserta lomba dan yang satunya lagi form manager.

“Nih Dit form-nya. Mau diet porsi gede nih ceritanya, ikutan loba lari.” Bang Budi ngeledek sambil ketawa simpul.

“Hahaha bisa aja loe bang, kagak kok, gue justru jadi managernya.” Gue dengan pedenya, berlagak kayak manager professional.

“Wiiih, ada juga ya yang mau di manager-in sama loe.” Bang Budi emang paling doyan ngeledek.

“………..-______________-…………” Gue diem sambil masang muka ngenes.

“Tapi kan jadi manager juga cuma bisa satu orang Dit, nggak bisa dua orang.” Tapi kok lama – lama ledekkannya makin pedes ya? Bang Budi mukul pelan perut gue.

“………..-______________-…………” Gue masih nggak berkutik, nyadar kalau badan gue hampir mirip kayak dua orang yang lagi berdiri sejajar.

“Hahahaha bercanda Dit.” 

“Iyaa Bang, selow kok, hehehehe.” Sebenernya rada nggak ikhlas juga diledek gitu.

“Thanks yee Bang.” Gue pamitan sama Bang Budi

“Siiiippp, cepetan konfirmasi yaa Dit, ditunggu.” Bang Budi sedikit berteriak karena keburu gue kabur dan Bang Budi kembali melanjutkan semedinya.

Detik berganti detik, menit berganti menit, jam berganti jam, hari berganti hari tapi pacar lama juga belum berganti dengan pacar baru, tibalah saatnya hari perlombaan dimulai. Saatnya Bob menerapkan seluruh materi latihan yang udah gue kasih ke dia ( padahal lebih banyak gue yang di bully Bob ; ngangkatin barang – barang Bob ke venue latihan, ngangkat galon buat minum Bob dan berbagai macam penyiksaan lainnya).

Seluruh peserta dari berbagai macam lomba telah siap di venue masing – masing, termasuk Bob. Sekitar 80 orang mendaftarkan diri menjadi peserta lomba lari jarak jauh ini. Gue dan Bob mulai melirik – lirik calon – calon musuh Bob, mencari potensi – potensi terselubung milik mereka, barangkali ada yang mengejutkan, kan bisa disiapin dari sekarang.

Bob sendiri udah bersiap – siap dengan peralatannya. Sepatu kets yang baru tiga hari yang lalu dibeli di toko sport langganannya, celana training dengan teknologi tercanggih ( bolong – bolong di pinggiran karena gue bolongin pake jarum biar banyak udara yang masuk ), dan singlet bertulis,”PREPARE YOUR DIE” yang semakin membuatnya semakin angker kayak kuburan jeruk purut.

Dan gue lebih memilih mempersiapkan peralatan lainnya yang sifatnya buat jaga – jaga, air mineral dan getuk lindri, barangkali Bob kelaperan abis lari nanti, handuk kecil warna item biar kalo dia ngelap keringet, lunturan warna item badannya nggak keliatan di handuk dan seperangkat game buat gue, biar nggak boring nunggu Bob lomba. Setelah gue telisik, sepertinya segala persiapan kali ini sangat matang, malah hampir gosong dan tinggal eksekusinya aja. Semua hasil pertandingan hari ini tetap tergantung Bob dan keputusan Tuhan.

“Seluruh peserta diharapkan mempersiapkan diri. 5 menit menuju pertandingan.” Suara dari microfon pertandingan yang entah diletakkan dimana berkoar lantang memberikan peringatan terakhir sebelum memulai pertandingan.

Setelah itu seseorang dari balik microfon tadi mengumumkan list peserta pertandingan dengan masing – masing kloter. Bob masuk kloter pertama, jadi dia langsung stand by di garis START. Wasit pertandingan memasuki lapangan pertandingan dengan peluit di mulut. Penonton yang berdiri di pinggir lapangan ikut deg – degan, mengira – ngira siapa yang akan menang. Gue yang selaku Manager Bob mendapat tempat khusus dipinggir lapangan dengan sebuah bangku kayu panjang. Nggak tau kenapa untuk pertandingan yang pertama ini gue merasa Bob nggak akan mengalami kesulitan, mengingat lawan – lawan yang akan dihadapi kelas bawah semua. Gue optimis Bob akan menang mudah di pertandingan pertama ini.

“Prriiiiiiiiiiiiiiiiittttttt…!!!” Wasit meniup peluit tanda pertandingan dimulai.

Semua penonton kembali meletakkan kedua tangan terkepal di depan mulut mereka tanda khawatir. Gue nggak lupa meneriakkan yel – yel penyemangat buat Bob biar doi makin semangat lombanya, lalu menang.

1 lap, 2 lap, dan sampai 3 lap berhasil di lalui Bob dengan mudah dan akhirnya Bob menjadi pemenang pada pertandingan ini dan melaju pada fase selanjutnya.

“Lumayan juga…” Bob ngajak toast gue.

“Gue udah ngira kok loe bakal menang gampang.” Gue santai sambil ngasih handuk item ( beneran item loh, ngga boong gue ).

“Dari dulu sotoy loe nggak ilang – ilang.” Bob ngeplak gue.

“Yee, loe liat ada muka panik nggak di muka gue?” Gue meyakinkan Bob.

“Iyee, loe bener, yang waras ngalah.” Bob sambil nenggak air mineral botol.

“…..-_________________-…..” ( itu mimik muka gue ).

Nggak kerasa perlombaan udah sampai di pertandingan puncak alias partai final. Dengan mudah Bob melaluinya. Fase 1, fase 2, fase 3 lancar banget dan Bob selalu menjadi juaranya. Ini kabar gembira sekaligus debut baik buat gue sebagai seorang manager. Barangkali aja, sehabis Olimpiade Kampus ini gue dilirik sama pemerintah buat memimpin kontingen Indonesia di Olimpiade Athena sebagai pelatih lari timnas.

Partai final akan diselenggarakan dua hari lagi karena harus terselenggara terpisah dengan olahraga lainnya. Maksud panitia adalah agar mobilisasi penonton tersebar merata dan nggak melulu futsal yang rame penontonnya.

Setelah gue tahu kalo si Bob yang masuk final, gue langsung nyiapin segala ritual buat dia, mulai dari makan telor bebek ( tenang, gak sampai 21 butir kok ), latihan diperketat, jadwal makan apalagi, porsi dipotong setengah, yang setengah lagi buat gue, honor. Jadwal tidur Bob juga gue atur dan semua gadget dia gue sita dirumah gue, hehehehe. Pokoknya untuk partai final besok gue ingin Bob tampil perfect dan nggak bikin gue kecewa. Sebagai pelatih atau manager, gue memiliki tanggung jawab besar buat bikin Bob menang ( aduh, ini mah promosi biar masuk pelatih timnas ). Nggak ada alasan buat gue buat bikin Bob kalah, apalagi memalukan.

Hari yang ditunggupun tiba. Segala persiapan sudah siap, termasuk bendera Indonesia, buat jaga – jaga kalo Bob menang nanti, buat keliling lapangan sambil nyanyi lagu We are The Champions bareng – bareng. Hari-H pun tiba. Ya kayak – kayak dipertandingan lainnya, kalo jagoannya mau tampil lomba, manajernya selalu mijitin jagoannya, guepun dengan polosnya ngikutin cara itu. Emang dasar guenya aja yang kerajinan banget atau malah goblog. Mana repot banget kalo mijitin si Bob, harus naik bangku dulu, badan dia tinggi banget udah kayak tiang yang dipake lomba panjat pinang.

“Kuncinya focus aja, Bob.” Gue berlagak udah gede. Bob cuma ngacungin jempolnya…

“Loe sehat kan? Gimana, mau minum apa nih yang terakhir?” Gue lagi baik – baiknya.

“Anjrit, loe pikir gue mau mati, pake yang terakhir segala.” Bob noyor gue.

“Ya maksud gue sebelum tanding. Sensitif banget loe kayak bisul mau meletus.” Gue nggak mau kalah noyor dia ah, enak aja, gue mulu yang ditoyor.

“Udah, nggak perlu, biar lambung gue asyik, jangan diisi air, takut kembung, malah sakit nanti pas lari.” Bob pinter juga.

“Harap memasuki lapangan, nomor 05, Bob Alexander Kuncoro, nomor 08 Rengga, bla…bla…bla…!!!” Tiba – tiba komentator dari pinggir lapangan memanggil seluruh finalis buat masuk ke arena pertandingan. 

Segera gue ngasih pengarahan ke Bob untuk tetap focus pada pertandingan, nggak usah mikiran utang di warung sebelah rumah, mikirin bayar gue pake apa nanti. Dan gue ada ritual khusus yang baru gue bentuk kemarin di sesi latihan terakhir biar Bob tambah semangat. Gue menampar Bob dengan kencang. Tujuannya cuma satu, biar Bob terpacu semangatnya dan terbakar segala auranya. Ya untung aja Bob ngabulin ritual itu dan gue bisa balas dendam dengan kedok manajer. Kapan lagi gue bisa nampar Bob, coba? 

Seluruh peserta bersiap, termasuk Bob. Gue segera mengambil posisi tempat duduk yang udah dari sebelumnya disediakan, tepatnya deket garis finish. Gue yakin final kali ini bakalan sangat ketat, soalnya finalisnya itu mantan – mantan juara olimpiade sebelumnya, jadi Bob punya tugas berat di Olimpiade tahun ini. 

Tak lupa jargon – jargon yang berisi tentang nama Bob pun gue keluarin, gue teriakin, bareng – bareng sama gebetan gue yang kebetulan gue ajak duduk di bangku deket garis lapangan. Beberapa orang temen gue dan Bob pun banyak yang hadir dan duduk berjejer di tribun penonton. Kita semua berteriak biar semangat Bob berlipat, lebih terpacu buat sampai ke garis finish dengan secepat - cepatnya. Suara gue dan temen – temen gue yang lain termasuk gebetan gue paling nyaring sendiri. Terbukti, seluruh perhatian terpusat ke gue (sekali – sekali ah gue narsis, dari cerita sebelumnya gak pernah) dan gue jarang banget buat jadi bahan pusat perhatian.

“Go Jangkung Go Jangkung Go…” Itu yel-yel gebetan gue.

“Kalau kau suka Jangkung tepuk tangan (prok…prok…prok (gue gak tepuk tangan, kan gue bukan maho)), 3x…Kalau kau suka Jangkung mari kita nyanyikan, kalau kau suka jangkung tepuk tangan (prok…prok…prok)…” Itu temen-temen gue.

Dan ini lagu gue, khusus…

“Si Jangkung didadaku, si Jangkung kebanggaanku, kuyakin hari ini pasti menang…Kobarkan semangatmu, tunjukkan sportivitasmu, kuyakin hari ini pasti menang…” Kongkrit, gue nyanyiin itu lagu sambil mengibarkan bendera merah putih. Perfecto banget deh, serasa hidup di masa perjuangan dulu.

Wasit pertandingan niup peluit tanda pertandingan mulai, finalis lomba langsung tancap gas memperebutkan posisi pertama. Ini Fast to Furious versi manusia. Seru juga, nomor punggung 10 menyalip Bob, sekarang Bob di posisi 4. Bob menyalip nomor punggung 07, 04 dan Bob sekarang masih diposisi 4. Looh, yang tadi dia salip siapa? Ternyata yang dia salip adalah nomor panitia pencatat waktu. Bob kaget tapi tetep ngelanjutin lomba. Tiba – tiba Bob menyalip no 8, nomor 9 menyalip nomor 6, nomor 7 nyalip nomor 10, tiba – tiba nomor 4 merangsek nyelip Bob dan nomor 9 dan nomor 5 menyusul nomor 4. Udah cukup, gue jadi bingung sendiri sekarang Bob ada di posisi ke berapa.

Pertandingan seru banget. Masing – masing peserta memasuki lap terakhir. Selip – menyalip menjadi pemandangan biasa. Masing – masing peserta juga udah mulai gelagapan, nafas mereka juga udah mulai terlihat nggak beraturan. Masing – masing dari mereka mulai mengeluarkan nafas – nafas terakhir mereka dan sampai akhirnya peserta lomba hampir sampai digaris finish. Bob masih memimpin diposisi pertama, disusul yang lainnya dibelakang (gak mungkin didepan). Bob membusungkan dadanya untuk memungkinkan dirinya menyentuh pita finish pertama. Peserta yang lainnya juga seakan nggak mau kalah, membiarkan Bob berlari sendirian diposisi pertama. Mereka perlahan menyusul Bob dengan sekuat tenaga. Bob sedikit kehilangan focus dan sedikit melirik kearah belakang. Sepertinya Bob ingin memastikan apakah musuh – musuhnya benar – benar sudah dekat. Lagi asyiknya Bob menikmati posisinya tiba – tiba…

“Guuuuuuuuuubrraaaaaaaakkkk…” Bob jatoh.

What’s, Bob jatoh. Iya, Bob jatoh. Gue liat sendiri kalo Bob jatoh. Beneran deh, Bob jatoh, bukan yang lain, tapi Bob. Loe gak percaya kalo Bob jatoh? Apa perlu gue bersumpah kalo Bob beneran jatoh? Loe liat sendiri aja deh biar loe lebih percaya kalo Bob beneran jatoh. Apa perlu gue anterin loe buat liat kejadian itu? Please percaya kalo Bob emang beneran jatoh. Intinya cuma satu, BOB BENERAN JATOH, STOP, JANGAN PAKSA GUE BUAT BILANG ITU LAGI !!!

Dan bener, Bob jatoh disaat – saat terakhir. Tinggal beberapa meter lagi sebenernya Bob bakalan keluar jadi pemenang. Bob kehilangan keseimbangan setelah dirinya melirik kebelakang tadi, sepertinya kakinya salah berpijak saat pandangannya kembali kedepan. Ini kabar buruk, terutama buat debut gue sebagai pelatih. Dari sini gue harus berani mengubur impian gue untuk menjadi pelatih timnas.

Gue bangun dari tempat duduk gue dan ngeliat ada sesuatu cairan merah keluar dari kaki Bob sebelah kanan. Bob lagi dateng bulan? Kayaknya nggak deh. Apa iya itu darah perawan Bob? Tapi kan Bob laki. Jadi, itu darah apa?

“Bob, loe nggak apa – apa?” Gue berubah jadi orang goblok. Udah tahu berdarah, masih aja nanya nggak apa – apa. Gue akuin gue goblok dan gue sadar itu, jadi loe semua nggak usah repot – repot ngatain gue, okeh.

Dalam keadaan kayak gini gue bingung mau berbuat apa. Gue dulu emang pernah jadi anggota PMR (Palang Merah Remaja), tapi waktu materi Penanganan pada Korban Kecelakaan, gue absen dan lebih milih pacaran sama cewek gue. Jadi gue sekarang sedikit nyesel. Alhasil gue cuma bisa teriak – teriak histeris, neriakin medis buat cepetan dateng.

“Bob, ada apa sama loe?” Gue dalam hati. Posisi gue masih berdiri dari tempat duduk gue. Gue masih penasaran sama Bob. Kenapa dia bisa jatoh kayak gitu. Gue sedih, gue galau, dan gue ngalangin penonton dibelakang gue.

Di arena, Bob keliatan banget nahan sakitnya, keliatan dari mukanya, udah kayak orang yang lagi nahan BAB-nya, jelek banget deh mukanya. Darah di kaki kanannya juga makin kentel kayak susu kental manis cap enak. Yang paling gue sesali adalah para finalis yang lainnya udah sampe digaris finish dan Bob bisa dipastikan gagal merebut posisi pertama, dan Bob? Bob masih ditengah – tengah arena, nahan sakitnya yang gue yakin itu udah tingkat dewa banget sakitnya. Sementara itu paramedis gue liat juga udah siap – siap buat masuk ke dalam arena buat gotong Bob. Gak cuma 4 orang petugas doang yang siap, tapi ada enam. Gue yakin mereka sadar badan Bob pasti berat banget. 

Tapi tiba – tiba Bob ngelakuin hal aneh yang bikin penonton termasuk gue, gebetan gue dan temen – temen gue sampe berdiri. Dari arena Bob mengisyaratkan paramedis itu buat jangan masuk kearena. Waduh, loe mau ngelakuin apalagi sih Bob, macem – macem aja nih orang. Jadi emosi sendiri gue. Udah tahu kesakitan, mau dikeluarin pake tandu malah gak mau. Gue janji sama diri gue buat nampol Bob kalo Bob udah sembuh nanti, liat aja.

“Prooooookkk…Prooookkk…Prooooooookkk…Liat tuh, Bob masih bisa berdiri.” Orang disebelah gue teriak kenceng banget. Semua mata terbelalak melihat kejadian aneh tapi mengagumkan ini. 

“Bob berdiri…” Yang lain ikut berteriak kencang, saling bersahutan. 

Bob beneran bangkit, tapi bukan dari kubur, tapi dari sakit dan jatuhnya. Dia bangkit, terus nyoba maksa lari kecil sambil megangin kaki kanannya. Dia terus lari, lari, dan lari, mirip Captain Tsubasa yang lagi bertanding lawan Mewa United. Gue ngeliat rahang di pipinya mengeras, mungkin karena sakit di kakinya makin parah, gue tahu itu. Gila nih orang, bikin gue merinding, bulu kuduk gue juga sampe jongkong, nggak diri lagi. Perlahan tapi pasti, Bob mengeluarkan senyum dan lambaian tangan permohonan maaf. Mungkin dari balik lambaian dan permohonan maaf itu Bob merasa bersalah kalo dia gagal jadi juara satu. Jelas Bob meminta maaf untuk hal itu, terutama buat pendukungnya, dan termasuk gue sebagai manajernya.

Bob terus nyoba maksain dirinya buat sampai di garis finish dan setelah nyampe garis finish,

“Gubrrrrraaaaaaakkk……” Bob pingsan. Bob ambruk.

Gue speechless ngeliat kejadian barusan. Tapi dengan reflek gue pun ngibrit, lari kearah tempat Bob pingsan. Paramedis yang tadi sempet galau mau masuk apa nggak sebelum akhirnya dilarang sama Bob, akhirnya masuk juga. Sementara itu gue liat penonton di sirkuit pada tepuk tangan semua. Menurut gue penonton – penonton itu mau ngasih apresiasi mereka buat Bob dalam bentuk tepuk tangan berdiri atau bahasa kerennya standing ovation. Tak ketinggalan para finalis yang terlebih dahulu mencapai garis finish, memberikan tepuk tangan tanda penghormatan khusus buat Bob. Gue sebagai managernya Bob merasa bangga memiliki anak didik seperti Bob yang nggak mau menyerah sampai garis finish walau dengan kondisi yang sakit seperti itu (apaan sih gue, sok banget gayanya sumpah).

Setelah dibopong keluar arena oleh paramedis, Bob dibawa lari, eh, pake mobil deng, gak lari, ke rumah sakit buat dikasih pertolongan. Gue, gebetan gue, dan beberapa orang temen gue ngikutin paramedis itu dari belakang. Gue khawatir, mentang – mentang Bob lagi pingsan Bob diperkosa, dibunuh dan dibuang mayatnya ke pinggir sungai, gue gak mau itu terjadi, Bob terlalu berharga buat gue meski gue gak pernah berharga buat Bob. Ironis.

Bob dibawa ke sebuah rumah sakit di dekat kampus setelah mendapat rujukan dari tim medis lomba. Tiga jam gue, gebetan gue, dan beberapa temen gue nungguin Bob dirumah sakit, dan akhirnya Bob sadar dari pingsannya (sial, kenapa harus sampe tiga jam sih Bob, boring nih nunggunya, loe enak tiduran). Gue langsung masuk keruangan tempat Bob dapet perawatan. Ini udah kayak di film – film FTV, jadi sedih banget gue. Kenapa harus ada korban di setiap cerita.

“Gimana kondisi loe Bob?” Gue sambil ngambil tempat duduk di deket tempat tidur Bob. Dan Bob, mukanya mirip benget sama maling motor komplek yang digebukin tukang ojek dan dipukulin pake helm tempo lalu, semua dibalut perban. Bob lebih mirip kayak lemper rasa vanilli ketimbang seorang atlet. Kaki kanannya full perban, kaki kiri ada sedikit, soalnya dokternya bilang kalo cuma kaki kanan doang yang diperban, kaki kirinya takut iri dan takut dikhawatirkan terjadi baku hantam dan luka di kaki kanan makin parah, makanya dua – duanya diperban aja, buat jaga – jaga. Gak tau ini dokternya lulusan mana, kok bisa lulus. Tapi gue tahu mungkin dia lagi bereksperimen, mencoba hal baru, bisa…bisa…bisa gila.

“Thanks ya guys, udah mau nolongin gue.” Bob masih keliatan kesakitan.

Gue harus bilang “sama – sama” gak ya? Tapi kan yang bawa Bob kesini bukan gue, tapi paramedis lomba. Jadi cuma bisa nyengir.

“Santai Sob, kita kan Pren.” Netral kan, yang penting nanggepin.

"Sorry juga udah bikin kecewa." Bob lagi merendah walau badannya tetep jangkung.

"Santai, Boy." Gue singkat, males nanggepinnya.

“Loe tadi kenapa jatoh Bob?” Salah satu temen gue nanya.

“Pijakan gue nggak bagus boy, jadi gue kehilangan keseimbangan.” Ah, jadi makin sedih kan mukanya Bob. Pertanyaannya nggak mutu nih. Butuh inovasi pertanyaan nih buat ngerubah mukanya Bob yang sekarang.

“Kenapa tadi loe gak nyelengkat peserta yang lain biar pada jatoh semua Bob?” Kriik…Kriik…Kriiikk. Anjrit, omongan gue jayus abis. Terbukti mukanya Bob bukannya ketawa malah kayak mau marah. 

“Maksud Ardian tuh kenapa tadi loe nggak mau dibawa keluar arena Bob?” Gebetan gue nginjek kaki gue, ngerasa bodoh pernah deket sama gue. Satu – satunya cara dia ngebela gue, walau sebenarnya maksud gue bukan itu.

“Tau loe Bob, udah gitu masih aja nekat buat lari, udah tahu kaki loe berdarah.” Gue ngelanjutin kalimat gebetan gue yang sebenernya nggak ada lanjutannya dan Siska gebetan gue juga nggak butuh kalimat lanjutan dari gue. Yang lain cuma ngangguk – ngangguk doang.

Bob menghela nafasnya, gue tahu dia mau ngomong sesuatu yang kayaknya penting banget. Matanya Bob gue liat menerawang keatas, mencari sesuatu. (si Bob kelamaan mikir nih, bikin penasaran aja). Buruan ngomong Bob, gue mau kencing nih.

Pelari sejati adalah pelari yang memulai dengan Start dan mengakhirinya dengan Finish, gue nggak mau mengakhiri pertandingan tadi dengan tandu medis, gak mau, Boy…” Bob diplomatis dan bikin kita semua merinding.

“You’re the real runner, Bob…” Ah elah nih gebetan gue macem – macem aja deh, gaya – gayaan pake bahasa begituan. Gue merasa hina disini, paling bodoh sendiri. Please ada yang translate dong, gue gengsi nih buat sekedar nanya arti kalimat tadi, anjrit, please juga jangan ada yang nyuruh gue ngartiin.

“Yes…” Itu kata – kata dari gue, biar orang – orang tahu kalo gue ngerti bahasa begituan, biarpun sebenarnya hati gue menjerit buat minta di-translate-in. Bob cuma mengkerutkan keningnya. Mungkin gue makin terlihat bodoh waktu bilang ‘yes’ tadi.

“Loe udah jadi pelari sejati kok Bob…” Ahhaaaaa, that is the translation of it. Akhirnya, makasih banget nih. Gebetan gue emang paling bisa deh ngertiin gue, dia tahu gue emang bodoh soal begituan.

Kata gebetan gue Bob udah berhasil buat jadi pelari sejati dan gue sepakat sama hal itu. Bob udah ngebuktiin satu hal sama semua orang kalo kita udah memulai, berarti kita juga harus mengkhirinya, semboyan pelari sejati ala Bob dan mirip lagunya Mansyur .S, “Kau yang mulai kau yang mengakhiri”.

Dan loe tahu?

Satu bulan setelah Bob dinyatakan sehat dan boleh beraktivitas lagi oleh dokter, Bob udah kayak artis di kampus. Setiap orang yang gue temuin selalu aja lagi ngomongin Bob. Para maho yang lagi jalan mau lunch ke kantin ngomongin Bob, mak – mak komplek yang kalo ngomong kayak kompor meleduk juga lagi ngomongin Bob, dosen – dosen bermata empat juga ngomongin Bob. Isi madding pun selalu ada foto Bob, sampe gue bosen bacanya, foto Bob lagi, foto Bob lagi.

Tapi terlepas dari itu, Bob emang bukan juaranya, tapi Bob lah yang juara sejati, dia mengalahkan rasa manjanya karena berdarah demi satu tujuan, garis Finish. Dia sumber inspirasi buat gue dan buat mahasiswa lainnya, bahwa dalam kehidupan ini kita harus menjadi orang yang bertanggung jawab. Saat sudah memulai sesuatu, sebisa mungkin kita harus mengakhirinya, apapun yang terjadi. Prinsip seperti ini mirip prinsip permainan Stay Alive, dimana setiap pemain yang udah memulai permainan ini, harus mengakhirinya, meskipun dengan kematian sekalipun.

Bob, you’re the best atlet. Itulah sebabnya kenapa temen gue Bob dijuluki atlet kampus sejati. Tapi Bob, kontrak gue sebagai manajer loe diperpanjang gak nih?

***


Ditulis Oleh : Unknown Copyright MotiFunny

Artikel Bob Alexander Kuncoro ini diposting oleh Unknown pada hari Rabu, 23 Januari 2013. Terima kasih atas kunjungan teman-teman di Blog MotiFunny ini. Semoga artikel ini memiliki kebermanfaatan bagi sesama. Kritik dan saran bisa teman-teman haturkan melalui kotak komentar yang telah disediakan. Terima Kasih. Salam Blogger dari MotiFunny.

:: Get this widget ! ::


Daripada Copy-Paste, Mending DOWNLOAD disini
  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo
1 Comments
Tweets
Komentar

1 komentar:

  1. Your Affiliate Money Printing Machine is ready -

    Plus, making profit with it is as simple as 1---2---3!

    Here's how it all works...

    STEP 1. Tell the system which affiliate products the system will push
    STEP 2. Add some PUSH BUTTON traffic (it LITERALLY takes 2 minutes)
    STEP 3. See how the system grow your list and sell your affiliate products on it's own!

    Do you want to start making money???

    Click here to launch the system

    BalasHapus

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. ^,^
Terima Kasih Atas Kunjungannya di Blog Ini, Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya

animasi bergerak gif
 
motif-funny.blogspot.com © 2012 All Right Reserved | Privacy Policy | About Us
Home | Daftar Isi | Motivasi | Torasi | Renungan | Firasi | Rebuk | Petik | Lectures
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Segera Kembali Lagi Bila Ingin Mendapatkan Info Menarik Lainnya