STOP MENGELUH | MotiFunny
Pasang Iklan
Desaigned by MotiFunny

Rabu, 21 November 2012


Baru sekitar satu minggu belakangan ini, Indonesia memasuki musim penghujan. Setelah sekian lama Kemarau panjang menyapa kita. Panas, gerah ( bedanya apa ya? ), pedagang kipas, AC, kebanjiran job, kini, setelah memasuki musim penghujan, hujan dimana-mana, banjir dimana-mana. Untung aja masih hujan air, coba kalau hujan ikan, fix Indonesia nggak akan pernah kesulitan ikan dan ekspor ikan meningkat pesat ( kan naluri dagang orang Indonesia cukup tinggi ). Tak sedikit juga karena hujan ini pula pohon-pohon besar dan papan reklame bertumbangan, jatuh tersungkur karena hembusan angin yang sangat kencang. Serem banget deh pokoknya. 

Dua hari yang lalu saya sedang berteduh di sebuah halte dekat kampus. Bukan lagi nunggu bus atau banci yang lagi mangkal, tapi lagi neduh aja, soalnya nggak bawa jas ujan. Seketika halte itu berubah menjadi tempat teduh, bukan tempat nunggu bus. Gimana nggak, sebagian banyak yang neduh ya yang punya motor juga, hemm. Sebenernya ini peluang bagus kalau seandainya saya dari rumah bawa payung besar, kan bisa jadi ojek payung #eehh ketauan orang Indonesianya deh, hehehe becanda.

Hujan waktu itu lebat banget sampe jarak pandangpun sedikit. Untung aja nggak ada pohon besar disekitar halte, takut roboh kayak nasib pohon ditempat lain. Nunggu hujan reda, enaknya merhatiin bulir hujan yang turun, berasa orang paling romantis, menyentuhnya dengan telapak tangan kayak di film-film, gitu. Terus ada backsound lagunya Kenny G yang The Moment, hmm. Looh, kok jadi galau kini deh, #SKIP..hehehe maaf pemirsa.

Lagi asyik-asyiknya nunggu hujan reda, tiba-tiba ada seorang mas-mas yang persis berdiri disebelah saya bilang,"Duuuhh, hujan mulu, bisa batal deh acara gue." Saya menoleh dan spontan bilang,"Yaah si mas, kemarin dikasih panas juga ngomong gitu ya pasti ( Duuuh, panas banget, jadi males keluar )?" Ehh si masnya malah ngangguk sambil senyum.

Ya ini memang realita. Kemarin waktu masih kemarau panjang, kita juga mengeluh kalau kok panas banget yaa, gerah, jadi males keluar rumah, batal deh semua acara. Giliran dikasih hujan juga begitu, hujan terus, gimana bisa keluar rumah. Terus mau dikasih malem tanpa hujan? Mau nemenin kuntilanak ronda?


STOP MENGELUH kawan. Sadari itu, karena semakin kita banyak mengeluh, alam bawah sadar akan meresponnya dengan malas bekerja. Alam bawah sadar terlalu rentan untuk menerima sugesti buruk atau baik dari kita. Maka dari itu jangan biarkan alam bawah sadar ini terlalu "dimanja" dengan keluhan kita yang tak ada abisnya. 

Sebenarnya contoh hujan diatas hanya sample aja. Banyak hal yang sering kita keluhi tanpa kita ada usaha untuk diselesaikan dan menemukan solusinya. Sampe seorang motivator Maya Angelou pernah mengatakan bahwa 

"Jika Anda tidak menyukai sesuatu, rubahlah, jika Anda tidak mampu mengubahnya, rubahlah sikap Anda, jangan mengeluh..."

Tuh, Maya Angelou aja bilang gitu. Saat mendapat masalah, usahakan sugestikan pada alam bawah sadar kita untuk segera menemukan solusi, bukan mengeluh. Rubah sikap, barangkali ketidaksukaan kita terhadap sebuah keadaan dikarenakan sikap kita yang kurang tepat.

"Duh, susah banget sih ini soal." Mengeluhkan soal tanpa berusaha mengerjakannya? Ya sampai kapanpun soal itu tidak akan pernah terjawab. Coba kalau kita sugestikan,"Susah nih soal, coba ah tanya ke guru atau browsing internet, kali aja ada contoh soal yang sama." Alam bawah sadar akan terpacu untuk segera menyelesaikan soal itu, walaupun tidak mudah, tapi akan ada upaya untuk menyelesaikannya. 

Banyak hal didunia ini yang sebenernya sudah kita ketahui jawabannya. Saya pernah ditanya oleh seorang pemuda,"Mas, gimana sih caranya bisa nulis kayak mas? Saya susah buat bisa nulis." Saya cuma jawab begini,"Lah ya itu kamu udah jawab sendiri." Dia bingung. Saya lanjutin,"Kamu dari awal saja sudah bilang susah buat bisa nulis, ya gimana mau bisa nulis. mau tau caranya bisa nulis?" Pemuda itu antusias. Lalu saya bilang gini, singkat dan pemuda itu tersenyum,"Cara saya bisa nulis itu ya NULIS."

"Duh, susah banget sih berhenti merokok, padahal mau berhenti." Nggak suka merokok? Mau berhenti? Bukan malah mengeluh, stop merokok, caranya gimana tapi? ya NGGAK USAH NGEROKOK. 

"Duh, nggak enak banget sih nih cara ngajar gurunya, jadi bete." Bakalan pinter nggak tuh anak kira-kira? Ya nggak bakal, dari awalnya aja udah banyak ngeluh. Coba tunjuk tangan, lalu katakan,"Mohon maaf bapak, saya kurang mengerti penjelasan bapak. Bagaimana kalau kita langsung ke uji materi aja? Pake contoh soal, dan maju satu-satu, jadi saya ikut ngerjain." Gimana?

STOP MENGELUH, UBAH SIKAP dan lihat perbedaannya.
Regards,


Ditulis Oleh : Unknown Copyright MotiFunny

Artikel STOP MENGELUH ini diposting oleh Unknown pada hari Rabu, 21 November 2012. Terima kasih atas kunjungan teman-teman di Blog MotiFunny ini. Semoga artikel ini memiliki kebermanfaatan bagi sesama. Kritik dan saran bisa teman-teman haturkan melalui kotak komentar yang telah disediakan. Terima Kasih. Salam Blogger dari MotiFunny.

:: Get this widget ! ::


Daripada Copy-Paste, Mending DOWNLOAD disini
  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

0 komentar:

Posting Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. ^,^
Terima Kasih Atas Kunjungannya di Blog Ini, Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya

animasi bergerak gif
 
motif-funny.blogspot.com © 2012 All Right Reserved | Privacy Policy | About Us
Home | Daftar Isi | Motivasi | Torasi | Renungan | Firasi | Rebuk | Petik | Lectures
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Segera Kembali Lagi Bila Ingin Mendapatkan Info Menarik Lainnya