Melanjutkan pembahasan sebelumnya, masih mengenai TQM atau Total Quality Management (Manajemen Mutu), tentunya TQM memiliki unsur-unsur utama yang dierat kaitannya sebagai karakteristik TQM itu sendiri.
Berikut 10 unsur utama TQM ( Total Quality Management ) :
1. Fokus Pada Pelanggan
Dalam TQM, baik pelanggan internal maupun pelanggan eksternal merupakan pengendali utama keberlangsungan sebuah perusahaan. Pelanggan eksternal berperan sebagai penentu kualitas produk, sedangkan pelanggan internal berperan sebagai penentu kualitas SDM dan lingkungan yang berhubungan dengan produk dan juasa.
2. Mengedepankan Kualitas
Sebuah perusahaan yang menerapkan TQM tentu akan sangat memfokuskan diri pada kualitas produk dan atau jasa
3. Pendekatan Ilmiah
Pendekatan ilmiah sangat diperlukan dalam penerapan TQM, terutama dalam proses pemecahan masalah dan pengamabil keputusan. Pendekatan ilmiah ini juga dibutuhkan dalam mendesaign pekerjaan yang berkaitan dengan perusahaan tersebut.
4. Komitmen Jangka Panjang
TQM merupakan paradigma baru dalam menerapkan bisnis. Untuk itu dibutuhkan budaya perusahaan yang baru pula. Komitmen dibutuhkan guna penerapan TQM yang sesuai dengan harapan dan mampu berjalan dengan sukses.
5. Team Work
Dalam penerapan TQM, team work sangat dibutuhkan guna menjalin dengan mitra, baik dengan intansi pemerintah atau dengan yang lainnya.
6. Perbaikkan Sistem Secara Berkesinambungan
Sistem yang sudah ada perlu adanya sebuah usaha perbaikkan, guna mencapai hasil yang maksimal dan tentunya tetap memperhatikan perkembangan zaman yang ada.
7. Pendidikan dan Pelatihan
Pendidikan dan Pelatihan disini dimaksud agar setiap orang yang berkecimpung didalam suatu perusahaan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan teknis dan profesionalnya dalam menghadapi perkembangan zaman.
8. Kebebasan yang Terkendali
Dalam TQM, melibatkan staf dalam proses pemecahan masalah merupakan langkah jitu dalam upaya menanamkan rasa memiliki dan tanggung jawab staf tersebut. Namun perlu ada sebuah kebebasan yang sifatnya sudah terencana dan terkendali agar kebebasan dalam melibatkan staf dalam hal tersebut dapat menghasilkan sebuah hasil yang memuaskan.
9. Kesatuan Tujuan
Perlu adanya sebuah kesamaan tujuan perusahaan agar semua yang dilakukan menjadi sebuah tujuan bersama dan menjadi terarah.
10. Adanya Keterlibatan dan Pemberdayaan Karyawan
Tidak hanya dalam melibatkan karyawan dalam proses pemecahan masalah, tapi juga melibatkan karyawan dalam hal pemberian pengaruh positif terhadap lingkungan perusahaan.
Sekian postingan dari saya, semoga bermanfaa.
Regards,
ajibb banget bang infonya...
BalasHapusMakasih mas Dirga, semoga bermanfaat :)
BalasHapusmakasih juga buat kunjungannya..
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSumber nya bang ?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus